Kamis, 09 Januari 2014

sejarah komunitas online



a.       Sejarah kommunitas online
Arti komunitas berasal dari bahasa latin communitas yang berasal dari kata dasar communis yang artinya masyarakat, publik atau banyak orang.
Arti komunitas dari beberapa ahli
Soenarno (2002), Definisi arti Komunitas adalah sebuah identifikasi dan interaksi sosial yang dibangun dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional.
Menurut Kertajaya Hermawan (2008), Arti Komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values
Arti komunitas online
Komunitas Online adalah kumpulan pengguna internet yang membentuk satu wadah karena memiliki persamaan tujuan, hobby, aktivitas, atau lainnya. Anda dapat membangun komunitas online dengan membuat group ataupun mailing list (millist) kemudian mengajak teman, saudara, atau siapa saja untuk bergabung dalam komunitas online yang anda buat. Namun anda dapat lebih mudah jika langsung bergabung dengan komunitas online yang telah ada.
Jadi dengan adanya komunitas online ini orang-orang yang memiliki hobi atau tujuan dan aktivitas yang sama dapat dengan mudah berinteraksi dengan sesama anggotanya. Selain itu ini juga memudahkan orang-orang untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang komunitas mereka hal ini dikaenakan mereka dapat berbagi informasi dengan mudah dan cepat.
Selain itu dengan adanya komunitas online ini mereka dapat bertemu dan saling menyapa tanpa harus bertemu dalam suatu acara atau tempat, hal ini dimungkinkan bila masing-masing anggota komunitas online yang sibukpun masih dapat mengikuti pertemuan antar anggota tanpa harus datang langsung.

b.      Polarisasi dalam internet  (polarisasi kelompok)
Pengertian polarisasi
Polarisasi adalah :
Arti kata polarisasi yaitu proses, perbuatan, cara menyinari, penyinaran, magnetisasi, pembagian atas dua bagian..
                  Pengertian polarisasi kelompok
Polarisasi kelompok adalah gejala mengumpulnya pendapat pada kelompok. Gejala yang dimaksuk adalah pengumpulan suara yang dipaksa karena situasi.  
gejala mengumpulnya pendapat kelompok pada satu pandangan tertentu. dan hal ini berdampak ekstrem dalam artian jika suatu kelompok mendukung suatu pendapat maka setelah diskusi mereka akan lebih mendukung begitu pula sebaliknya, jika suatu kelompok menetang suatu pendapat maka setelah diskusi mereka akan lebih menentang lagi.
Polarisasi kelompok adalah gejala mengumpulya pendapat kelompok pada satu pandangan tertentu.
Hal ini mungkin saja bisa terjadi karna dalam sebuah kelompok adalah pengambilan keputusan terbanyak lah yang diambil sehingga itulah yang menimbulkan adanya polarisasi kelompok, dimana yang lebih dominan lah yang menang.
c.       Kelompok unik dalam internet (kelompok kerja virtual )
Pengertian kelompok kerja virtual
kelompok kerja virtual adalah sekelompok orang yang bekerja secara virtual dengan pengertian bahwa pekerjaan yang mereka lakukan adalah pekerjaan yang membutuhkan bantuan virtual (e-mail, pesan instan, database bersama, diskusi threaded dan kalender)  yang diamanatkan oleh kebijakan perusahaan dan persyaratan kerja.
berikut adalah beberapa hal penting dalam membangun serta meng-organisasikan sebuah tim kerja kelompok virtual.
1.       Driver (mengembangkan gagasan, memberi arah, menemukan hal-hal baru).
2.      Planner (menghitung kebutuhan tim, merencanakan strategi kerja, menyusun jadwal).
3.      Enabler (ahli memecahkan masalah, mengelola sarana / sumber daya, menyebarkan gagasan, melakukan negosiasi).
4.      Exec (mau bekerja menghasilkan output, mengkoordinir dan memelihara tim).
5.      Controller (membuat catatan, mengaudit dan mengevaluasi kemajuan tim)
d.      Kelompok kerja dan brainstorming elektronik
Pengertian kelompok kerja
Kelompok Kerja adalah kelompok yang terutama berinteraksi untuk membagi informasi dan mengambil keputusan untuk membantu tiap anggota dalam bidang tanggung jawabnya. Tujuan Berbagi info, Tanggung Jawab. Individual, Keterampilan Beragam/acak.
Pengertian brainstorming
Brainstorming adalah teknik daya cipta kelompok mendesain timbulnya banyak gagasan untuk latar belakang masalah, pada 1953 metode ialah populariz oleh Alex faickney osborn dalam bukunya mengadakan imajinasi terapan, osborn mengusulkan bahwa kelompok-kelompok bisa menggandakan hasil kreatif mereka dengan brainstorming


Pengertian kelompok kerja dan brainstorming elektrik
Brainstorming merupakan teknik kreativitas yang dirancang untuk menghasilkan sejumlah ide - ide besar untuk solusi suatu masalah . Elektronik brainstorming adalah versi komputerisasi dari teknik brainwriting manual. Hal ini biasanya didukung oleh sistem rapat elektronik (EMS), tetapi juga bentuk yang lebih sederhana dapat dilakukan melalui email dan mungkin browser berbasis, atau menggunakan peer-to-peer software. Dengan sistem pertemuan elektronik, peserta berbagi daftar ide di atas internet. Ide dimasukkan secara independen. Kontribusi segera menjadi terlihat untuk semua dan biasanya anonim untuk mendorong keterbukaan dan mengurangi prasangka pribadi. Modern EMS juga mendukung sesi brainstorming asynchronous selama waktu yang lama serta kegiatan tindak lanjut khas dalam pemecahan masalah secara kreatif kategorisasi proses seperti ide, penghapusan duplikat, penilaian dan diskusi atau kontroversial diprioritaskan brainstorming ide. Elektronika banyak menghilangkan masalah standar.

e.       Mengembangkan kepercayaan dalam tim virtual
Untuk menciptakan teknologi baru para anggota Tim Virtual dituntut untuk berkolaborasi antar anggota tim . Hal ini hars ditunjang dengan dipupuknya kepercayaaan antar anggota tim . Hal ini dapat dilakukan oleh Leader tim dengan melakukan langkah - langkah sebagai berikut :
  • Meningkatkan tanggung jawab bersama
  • Pertukaran informasi
  • Pengembangan ide - ide baru
  • Memberikan motivasi kepada team
  • Berani mengambil resiko dan tanggung jawab ketika proyek tersebut mendapat masalah dan dengan cepat menyelesaikan masalah tersebut
  • Menciptakan kejujuran dan keterbukaan satu sama lain 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar