a.
Pengertian
dan sejarah internet
Internet berasal dari kata Interconnection
Networking dan mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang
membentuk sistem jaringan mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global)
dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan
lainnya sehingga di dalamnya menghubungkan situs-situs akademik, pemerintahan,
komersial, organisasi, maupun perorangan.
Internet mengacu pada istilah jaringan bukan aplikasi.
Internet tidak memiliki manfaat apabila tidak ada aplikasi yang sesuai dan bisa
digunakan untuk berbagai keperluan. Setiap aplikasi berjalan di atas protocol
tertentu. Istilah “protokol” di internet mengacu pada satu set aturan yang
megatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan.
Sejarah dan
Perkembangan Internet.
Pada awalnya Internet merupakan
jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di
tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research
Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan
hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan
komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek
ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat
dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal
bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission
Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu
adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika
Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang
tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi
masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi
terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya
menghubungkan 3 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of
California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu
jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada
bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh
daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga
membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah
manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang
lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas.
Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang
kemudian disederhanakan menjadi Internet.
b.
Koneksi internet
Pada
dasarnya ada tiga sarana yang tersedia bagi rata-rata pengguna PC untuk koneksi
ke Internet :
a. Layanan
online terkenal seperti America Online, Compuserve, Delphi atau Prodigy, yang semuanya
menawarkan beragam tingkat konektivitas ke Internet diantara berbagai layanan
yang lain.
b. Lembaga
badan hukum atau pendidikan yang memberi account pada jaringan lembaga tersebut
yang terkoneksi ke Internet.
c. Penyedia
Layanan Internet (ISP) lokal dan nasional seperti Radnet, Idola, Indonet,
IBM-net,
MegaNet, IndosatNet dan sebagainya.
Ketiga
pilihan ini memiliki kelebihan dan kekurangan dan juga jenis utility Internet
yang dapat dan perlu digunakan. Bervariasi tergantung cara melakukan koneksi ke
Internet. Penggunaan ISP lokal lebih murah dibandingkan dengan layanan online
internasional yang harus menggunakan pulsa internasional, seperti Compuserve,
AOL. Dengan ISP lokal hanya perlu membayar pulsa lokal untuk koneksinya selain
biaya langganan yang harus dibayar tentunya. Di antara ketiga pilihan diatas
yang paling menguntungkan tentunya adalah melalui lembaga pendidikan.
c.Jenis-jenis hubungan internet
Untuk
memiliki akses ke INTERNET atau mengirimkan data ke INTERNET ditempuh dengan berbagai
model koneksi. Setiap jenis koneksi memiliki keuntungan yang berbeda
Pada
dasarnya terdapat tiga jenis layanan yang dapat anda peroleh dari penyedia
layanan
Internet
: a. Account Shell Unix
b. Account UUCP
c. Account front end grafis
terpadu
d. Account SLIP dan PPP koneksi
langsung
Account Shell
Unix
Account
shell adalah account dial-up pada server akses-publik yang menjalankan sistem opersai
Unix. Kebanyakan server di Internet menjalankan Unix karena protokol yang
digunakan di
Internet adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), yang
kebetulan
digunakan oleh server Unix untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.
Mengakses shell
account tidaklah sulit, yang diperlukan hanyalah program emulasi terminal
dasar seperti
Windows Terminal. Bagi server Unix, komputer terlihat sebagai dumb terminal
yakni terminal yang hanya mampu mengirim dan menerima karakter teks saja.
Dengan sendirinya yang didapatkan adalah antarmuka berbasis karakter. Untuk
itu, perlu dipelajari beberapa perintah dasar Unix. Karena semua server Unix
memiliki semua piranti dasar Internet yang sudah diinstal, sehingga praktis tidak
memerlukan apa-apa lagi selain perangkat lunak komunikasi modem dasar. Agar
menambah kemampuan akses dari Account Shell Unix dapat ditambahkan beberapa
program bantu. Program tersebut misal TIA (The Internet Adapter) atau SLIPKnot.
Account UUCP
(Unix to Unix Copy Protocol)
Account
jenis ini menyediakan pola koneksi yang relatif paling murah. Service yang
dapat disediakan oleh pola koneksi ini meliputi e-mail dan newsgroup. Pengguna
akan menelfon ISP dan ketika terjadi kontak akan dilakukan transfer data dari
pengguna ke ISP yang akan diteruskan ke Internet, dan dari ISP ke pengguna.
Data dari pengguna tersebut bisa merupakan e-mail yang dikirim, ataupun news
yang diposting. Sedangkan data dari ISP ke pengguna bisa berupa e-mail ataupun
newsfeeding, isi dari newsgroup yang disubscribe. Cara ini sangat praktis,
karena pembacaan ataupun penulisan e-mail dilakukan secar off-line, yaitu tidak
membutuhkan koneksi telfon. Juga proses transfer data dilakukan dengan
dikompres terlebih dahulu. Kelebihan lain dari account UUCP ini adalah seorang
user dapat menjadi node untuk user lainnya di mesin tersebut
Account front
end grafis terpadu
Apabila
user menginginkan antarmuka grafis ke Internet yang nyaman dan mudah digunakan,
anda dapat membuka account pada penyedia layanan Internet yang menawarkan
program antarmuka perangkat lunak terpadu seperti FTP, Telnet, e-mail,
newsreader Usenet, browser Web dan biasanya client Gopher. Misal dengan
menggunakan program seperti Worldgroup Client, misal pada BBS Depart Account
SLIP dan PPP. Apabila diinginkan antarmuka grafis dan kemampuan menjalankan
program Internet apapun yang berbasis Windows dari PC di rumah anda
seperti browser Web Netscape, perlu mendapatkan
account SLIP
(Serial Line Interface Protocol) atau PPP (Point-to-Point Protocol). Baik
SLIP maupun PPP
pada dasarnya mengerjakan hal yang sama yaitu mensimulasi koneksi jaringan dengan
menggunakan modem. Dalam koneksi jaringan normal, PC dikoneksi ke jaringan dengan
menggunakan Network Interface Card (NIC). NIC ditancapkan (plug) ke PC, dan
dari card tersebut terkoneksi ke kabel yang terkoneksi ke jaringan. Tetapi
dengan SLIP dan PPP, tidak diperlukan kartu jaringan (network card). Yang
diperlukan adalah perangkat lunak yang sesuai dan modem anda menggantikan
fungsi kartu jaringan tersebut. SLIP hanya memberikan konektivitas dasar, namun
PPP menambahkan fasilitas pemeriksaan kesalahan dan keotentikan, sehingga
tercipta protokol yang lebih andal.
Serial
Line Internet Protocol (SLIP) dan PPP (Point to Point Protocol) bekerja diatas
serial line,
dan membutuhkan infomrasi tambahan. Karena koneksi SLIP dan PPP hanya
antara dua
mesin, source dan destination IP address dibutuhkan. Juga serial
port identifies
termasuk
interrupt vector yang digunakan. Serial line harus dikonfigurasi dengan benar
sebelumnya.
Koneksi SLIP membutuhkan pengaturan netmask, sedang PPP tidak. PPP lebih
bail dari pada
SLIP. SLIP hanya medukung komunikasi asinkon saja, sedang PPP mendukung asinkron
dan sinkron. SLIP dapat membutuhkan jalur khusus yang berhubungkan, sdan PPP dapat
menggunakan bergantian dengan program lainnya seperti UUCP. SLIP kurang
memiliki deteksi error, dan PPP memilikinya. PPP adalah protokol yang lebih
baik dibanding SLIP, tetapi SLIP lebih nayak tersedia pada impelemntasi
operating sistem.
Hubungan komunikasi
dapat menggunakan beberapa (Morris, 1994) :
a.
Dial Up Line
Dengan saluran telfon biasa, sulit untuk
mencapai kecepatan tinggi. Modem V.32 bis
termasuk
V.42/V42.bis/MNP error correction menaikkan kecepatan hinggaa 57.6KBps. Pengiriman
berlansung secara asinkronus.
b.
Switched 56
Menggunakan
jalur digital, dan saluran dial-up. Kecepatan hingga 56 KBps. Cocok
untuk saluran
dengan trafik yang rendah. Membutuhlkkan DSU (Data Service Unit) dan
CSU (Channel
Service Unit).
A.
ISDN
Basic
ISDN
Primary
ISDN
B.
Leased Line, ada dua jenis yaitu
Analog
Digital
Dataphone Data Service
Subrate
Data Multiplexing
Fractional
T1
T1
T2
T3
Sonnet
C. Packet Switching
X.25
Frame
Relay
Switched
Multimegabit Datas Service
Broadband
ISDN
Asyncronous
Transfer Mode (ATM)
d. Perangkat
yang dibutuhkan
Untuk
mengakses Internet, ada beberapa perangkat yang diperlukan:
a.
Komputer, sebaiknya yang dapat
menjalankan Microsoft Windows.
b.
Modem, sebaiknya yang dapat dijalankan
dengan kecepatan sedikitnya 14,4 kbps (kilobit per detik) atau lebih cepat dari
itu. Bergantung dengan jenis jalur komunikasi yang digunakan.
c.
Perangkat lunak koneksi.
d.
Penyedia akses Internet.
e.
Jalur komunikasi
f.
Perangkat jaringan tambahan (untuk
Corporate Connection)
Selain
itu juga harus dimiliki memori (RAM) yang memadai dan hard disk dengan
kapasitas yang cukup. Perangkat lunak koneksi yang dibutuhkan sangat bergantung
pada jenis koneksi yang dimiliki ke Internet. Beberapa metode akses memerlukan
program perangkat lunak khusus, sementara yang lainnya hanya memerlukan jenis
perangkat lunak koneksi tertentu
Untuk pengguna
pribadi (digambarkan satu komputer) membutuhkan komponen sebagai
berikut :
Shell Account
a. Dial
up modem, misal US Robotics, Hayes , dan lain sebagainya.
b. Software
terminal emulasi, misal CrossTalk, Terminal, Telix dan sebagainya.
c. Login
account
d. Komputer
UUCP
a. Dial
up modem
b. UUCP
software, misal Waffle, UUPC.
c. UUCP
account
d. Komputer
SLIP dan PPP
a. Dial
up modem
b. SLIP/PPP
Driver, misal PPP.COM, atau dengan Trumpet Winscok (TcpMan)
c. Client
software, misal NetScape, Eudora
d. SLIP/PPP
account
e. Komputer
yang memadai
Untuk pengguna Corporate
yang telah memiliki LAN lokal dapat menggunakan beberapa alternatif. Untuk
koneksi yang menggunakan jaringan telefon dapat dibedakan menjadi tiga :
a. Dengan
menggunakan dial up (saluran telfon biasa)
b. Menggunakan
leased line
c. Menggunakan
dial up dengan ISDN (Pasopati)
d. Menggunakan
wireless, misal radio link atau V-SAT
Masing-masing
jenis komunikasi ini membutuhkan perangkat pendukung yang berbeda.
LAN
Dial Connection
a.
Modem router
b.
LAN Dial accont
LAN
Dedicated
a.
Modem router
b. Leased
line
Radio
Link
a.
Radio Router, misal KarlRouter, C-Link,
dan lain sebagainya. Radio Router ini
menggabungkan fungsi, router, modem, dan
transceiver. Memberikan kecepatan transfer hingga 2 MBps. Jarak yang dapat
dihubungkan sekitar 2-3 mile, sedangkan bila ditambahkan power amplifier dapat
mencapai 15-20 mil.
b.
Perangkat jaringan dan komputer
c.
Antena sesuai dengan radio router
tersebut.
Satelite .
a. Saluran
V-SAT (Very Small Apperture Terminal). Kecepatan yang ditawarkan biasanya sekitar
64 Kbps hingga 2 MBps. Di Indonesia ada 3 perusahaan yang menyediakan jasa satelite
link ini antara lain : PT Aplikanusa Lintasarta, dan PT CSM.
b. Modem
Satelite, biasanya menggunakan standard interface, V-35. .
c. Router,
diantaranya bermerk CISCO .
d. Peralatan
Local Area Network .
e. UPS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar