Kamis, 09 Januari 2014

aspek psikologis dari individu pengguna internet



a.       Aspek  psikologis individu pengguna internet
Sekarang ini para penggunaan internet sudah sangat marak di dunia bahkan di Indonesia. Dari penggunaan internet ini banyak sekali mngendung pro dan kontra hal ini dikarenakan pada perkembangannya banyak sekali orang-orang yang menyalahgunakan internet sebagai salah satu media massa namun, tidak semua orang menyalahgunakan teknologi internet ini bagi orang-orang yang memakai internet dengan baik maka internet dapat memberikan dampak yang sangat bermanfaat bagi peggunanya. Beberapa alasan orang-orang menggunakan internet adalah mudah untuk diakses, dapat dengan mudah mencari informasi apapun yang kita butuhkan, dan kita bebas menggunakan identitas apapun. Tetapi disamping itu ada beberapa hal negatif yang berkaitan dengan penggunaan internet dimana salah satunya adalah cybercrime yaitu adalah kejahatan di internet.
Bila dilihat dari dampak secara psikologis adalah penggunaan internet yang dilakukan secara berlebihan dapat menjadikan kecanduan atau adiksi pada para  penggunanya, selain itu penggunaan internet secara berlebihan juga dapat menimbulkan sikap anti sosial bagi para penggunanya hal ini dikarenakan oarang-orang yang menggunakan internet lebih terpaku dengan keasyikan mereka sendiri pada situs-situs yang ada di internet ataupun dengan game online yang ada di internet sehingga mereka cenderung bersikap individual dan kurang peka terhadap lingkungan sosialnya.
Selain itu internet juga membuka peluang untuk orang-orang bebas menggunakan akun apapun di dalam situs jejaring sosial termasuk menggunakan akun palsu untuk berselancar di dunia maya sehingga, hal ini juga membuka peluang untuk terjadinya penipuan dengan menggunakan akun palsu tersebut.
b.      Aspek demografis pengguna internet
Aspek demografis adalah aspek yang harus mempertimbangkan gender, usia, budaya, dan SES (social-economic-status) dalam interaksi individu dan internet. Dalam hal ini usia juga turut mempengaruhi perkembangan internet karna internet banyak berkembang di masa ini sehingga sebagian besar pengguna internet berasal dari kalangan muda. Selain itu dalam hal gender teknologi internet dapat mempermudah bagi wanita untuk melakukan hal-hal yang biasanya dilakukan oleh laki-laki, bahkan dengan teknologi internet ini juga bisa membantu para wanita untuk memasuki dunia politik, dan bisnis, bahkan menjadi seorang pemimpin dalam sebuah organisasi.

III.Kesimpulan
            Semakin berkembangnya dunia internet pada era ini banyak sekali menimbulkan kesan pro dan kontra, tetapi semua itu kembali lagi pada para pengguna itu sendiri apakah mereka akan menggunakan internet dengan bijak sehingga dapat membawa hal-hal positif bagi para penggunanya atau menggunakan internet dengan tidak bijak sehingga hanya dapat menimbulkan hal yang buruk bagi dirinya sendiri atau orang lain. Semua itu kembali pada pribadi anda masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar