Minggu, 04 Januari 2015

tipe-tipe kontrol dan kontrol proses manajemen

Tipe-tipe kontrol dan kontrol proses manajemen
A. Tipe-tipe kontrol
            Tipe pengendalian manajemen dapat dikategorikan kedalam tiga kelompok yaitu
1.      Pengendalian preventif (prefentive control)
Dalam tahap ini pengendalian manajemen terkait dengan perumusan strategic yang dijabarkan dalam bentuk program-program.
2.      Pengendalian operasional (operational control)
Dalam tahap ini pengendalian manajemen terkait dengan pengawasan pelaksanaan program yang telah ditetapkan melalui alat berupa anggaran. Anggaran digunakan untuk menghubungkan perenanaan dengan pengendalian.
3.      Pengendalian kinerja
Pada tahap ini pengendalian manajemen berupa analisis evaluasi kinerja berdasarkan tolok ukur kinerja yang telah ditetapkan.
B.Kontrol proses manajemen
a.     Perencanaan strategi
Perencanaan strategi adalah proses memutuskan program-program utama yang akan dilakukan suatu organisasi dalam rangka implementasi strategi dan menaksir jumlah sumber daya yang akan dialokasikan untuk tiap-tiap program jangka panjang beberapa tahun yang akan datang.
b.     Penyusunan anggaran
Penyusunan anggaran adalah proses pengoperasian rencana dalam bentuk pengkuantifikasian, biasanya dalam unit moneter untuk kurun waktu tertentu.
c.     Pelaksanaan
Selama tahun anggaran, manajer melakukan program atau bagian dari program yang menjadi tanggung jawabnya. Laporan yang dibuat hendaknya menunjukan dapat menyediakan informasi tentang aggaran dan realisasinya baik itu informasi untuk mengukur kinerja keuangan maupun nonkeuangan, informasi internal maupun eksternal
d.    Evaluasi kerja
Prestasi kerja bisa dilihat dari efisien atau efektif tidaknya suatu pusat pertanggung jawaban menjalankan tugasnya. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan antara realisasi anggaran dengan anngaran yang telah ditetapkan sebelumnya.
Sumber
Desthi-m.blogspot.com/2010/01/tipe-pengendalian-manajemen.html?m=1

Fitria-inasya.blogspot.com/2013/11/tipe-tipe-kontrol-kontrol-proses.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar