Rabu, 22 April 2015

konsep dasar teori client centered theraphy

Konsep dasar teori client-centered theraphy
            Carl R. Rogers mengembangkan terapi client-centered sebagai reaksi terhadap apa yang disebutnya keterbatasan-keterbatasan mendasar dari psikoanalisis. Pada hakikatnya, pendekatan client-centered adalah cabang khusus dari terapi humanistik yang menggaris bawahi tindakan mengalami klien berikut dunia subjektif dan fenomenanya. Terapis berfungsi terutama sebagai penunjang pertumbuhan pribadi kliennya dengan jalan membantu kliennya itu dalam menemukan kesanggupan-kesanggupan untuk memecahkan masalah-masalah. Pendekatan client centered menaruh kepercayaan yang besar terhadap kesanggupan klien untuk mengikuti jalan terapi dan menemukan arahnya sendiri.
            Rogers tidak mengemukakan teori client-centered sebagai suatu pendekatan terapi yang tetap dan tuntas. Ia mengharapkan orang lain akan memandang teorinya sebagai sekumpulan prinsip percobaan yang ebrkaitan dengan perkembangan proses terapi, dan bukan sebagai suatu dogma.
            Pendekatan client-centered difokuskan pada tanggung jawab dan kesanggupan klien untuk menemukan cara-cara menghadapi kenyataan secara lebih penuh, pendekatan client-centered menekankan dunia fenomenal klien, dengan empat yang cermat dan dengan usaha untuk memahami klien.
Rogers mengajukan hipotesis bahwa ada sikap-sikap tertentu pada pihak terapis (ketulusan, kehangatan, dan penerimaan yang nonposesif, dan empati yang akurat) yang membentuk kondisi-kondisi yang diperlukan dan memadai bagi keefektifan terapeutik pada klien.
Tujuan dan peran terapis
Tujuan terapi adalah menciptakan iklim yang kondusif bagi usaha membantu klien untuk menjadi seorang pribadi yang berfungsi penuh.
Terapis client-centered membangun hubungan yang membantu dimana klien akan mengalami kebebasan yang diperlukan untuk mengeksplorasi area-area hidupnya yang sekarang diingkari atau didistorsinya.


Daftar pustaka

Corey. G. (1999). Teori dan praktek konseling dan psikoterapi. Bandung : penerbit PT Refika aditama 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar