Selasa, 29 April 2014

Tugas analisis kasus dengan teori kepribadian sehat



Tugas analisis kasus dengan teori kepribadian sehat
Contoh Kasus
            Muhammad Rangga Atmaja asalah siswa kelas 4 sd yang memperoleh gelar Honor of Invention dari world Invention Intellectual Property Association (WIIPA) dalam ajang international Young Inventor Exhibition (IYIE) yang diselenggarakan Far East University (FEU) di Tainan, Taiwan pada tanggal 21-23 Januari 2014 lalu.
            Rangga biasanya ia disapa, memperoleh pengharggan ini berkat karyanya yang berjudul Hand Replacement for People with Special Needs. Dalam kompetisi untuk inovator dari tingkat sekolah dasar sampai universitas ini Rangga memperoleh gelar yang termasuk salah satu gelar tertinggi dalam kompetisi ini.
            Selain mendapatkan salah satu penghargaan tertinggi Rangga juga mendapatkan bronze medal dalam karya yang sama, selain itu inovasinya itu juga menjadikannya sebagai inovator termuda yang mampu menyisihkan para pesaing dari negara lainnya. Selain karyanya yang berjudul Hand Replacement for People with Special Needs Rangga juga pernah menciptakan inovasi lain yang diberinya nama Flash Bell (Flash Light and Bell) yang mana inovasi ini juga mendapatkan special awward di International Invention, Innovation & Technology Exhibition (ITEX). Selain itu pada Juli 2013, inovasinya ini juga mendapatkan medali perak dalam kompetisi 5th Life Innovation Student Contest for Green Growth in Korea, hal ini juga melengkapi torehan special awward yang didapatkan dari Korea University Invention Association.
            Selayaknya anak yang seumuran dengannya ia juga suka bermain dan belajar salah satu pelajaran yang ia sukai adalah ipa dan matematika. Seperti anak-anak pada umumnya yang menyukai film kartun, sama halnya dengan Rangga itu terbukti dari karyanya yang berjudul Hand Replacement for People with Special Needs itu yang terinspirasi dari film kartun Inspector Gadget, Rangga terinspirasi dari film ini karna dari ujung tangannya dapat mengeluarkan benda-benda yang dibutuhkan, kemudian ia berfikir bagaimana caranya agar alat ini dapat digunakan untuk orang yang berkebutuhan khusus. Akhirnya dengan dibantu oleh tim dari AYISI (Association of Young Innovator and Science Indonesia) Rangga pun bisa mewujudkan karya ciptaannya ini dan sekaligus bisa mendapatkan berbagai penghargaan dalam kompetisi bertaraf International.

Analisis Teori Kepribadian Sehat menurut Abraham Maslow
            Menurut Abraham Maslow orang yang memiliki kepribadian sehat adalah orang yang mampu mengaktualisasikan dirinya dengan baik dan imbang, mereka juga dapat membutuhkan kebutuhan-kebutuhan yang lebih tinggi yaitu memenuhi potensi-potensi yang mereka miliki serta mengetahui dan memahami dunia sekitar mereka. Selain itu kepribadian yang sehat menurut maslow adalah individu yang berhasil mengembangkan cintanya, bukan lagi diarahkan ke dalam diri sendiri, tetapi bisa diperluas pada orang-orang lain. Individu yang sehat melihat pertumbuhan dan perkembangan orang lain menjadi sama pentingnya pertumbuhan dan perkembangan diri sendiri.
            Jadi , dari teori diatas dapat dilihat bahwa Rangga adalah orang yang mampu mengaktualisasikan dirinya, karna ia mampu melihat potensi apa yang ada dalam dirinya dan berusaha mengembangkannya. Hal ini tidak semata-mata hanya untuk dirinya saja namun hal ini juga ia lakukan demi orang-orang disekitarnya yang memiliki kebutuhan khusus dan melalui karyanya ini ia dapat membantu orang lain yang lebih membutuhkan.
            Selain telah mampu mengaktualisasikan dirinya Rangga juga sudah dapat memenuhi hierarki kebutuhan dari Abraham Malow yaitu kebutuhan fisiologi, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan rasa cinta dan kasih sayang dimana dengan hasil ciptaannya ini ia bisa mendapatkan cinta dan kasih dari semua orang yang telah ia bantu, kebutuhan akan penghargaan kebutuhan ini juga dapat dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang telah ia terima dari ajang international, dan yang terakhir tentu saja mampu mengaktualisasikan diri.
            Jadi, menurut kepribadian sehat yang dikemukakan oleh Abraham Maslow dapat dilihat bahwa Rangga termasuk kedalam orang yang memiliki kepribadian sehat, karna ia dapat melihat potensi yang ada pada dirinya dan ia mampu mengaktualisasikan dirinya sendiri sekaligus membantu orang-orang disekitarnya dan juga dapat  memperoleh penghargaan dari hasil karyanya tersebut. Dan ia juga masuk kedalam orang yang membutuhkan penghargaan sebagai salah satu pembuktian terhadap dirinya sendiri. Dimana prestasinya tersebut dapat membuktikan bahwa ia memiliki pengaktualisasian diri yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar