Minggu, 08 November 2015

Lingkup data pada CBIS



#SIP Lingkup data pada CBIS
Nama : Rona Dinar Kuntari
NPM  : 16512682
Kelas  : 4PA03
Data adalah fakta mengenai objek, orang, dan lain-lain. Data dinyatakan dengan nilai (angka, deretan karakter atau simbol)
1.        Hirarki data
            Secara tradisional, data diorganisasikan ke dalam suatu hirarki yang teriri atas elemen data, rekaman (record), dan berkas (file)
a.       Elemen data
            Elemen data adalah satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna. Istilah lain dari elemen data adalah medan (field), kolom. Item, dan atribut.
b.      Rekaman
            Rekaman adalah gabungan sejumlah elemen data yang saling terkait. Dalam sistem basis data relasional, rekaman biasanya disebut dengan istilah tupel atau baris.
c.       Berkas
            Himpunan seluruh rekaman yang bertipe sama membentuk sebuah berkas. Berkas dapat dikatakan sebagai kumpulan rekaman data yang berkaitan dengan suatu subjek. Dalam sistem basis data relasional, berkas mewakili komponen yang disebut tabel atau relasi.
2.      Pemrosesan
a.       Pemrosesan batch
            Batch processing adalah program yang akan mengambil suatu set data sebagai input, memprosesnya, dan memberikan satu set data tertentu sebagai output tanpa intervensi manual dari user (Wijaya, 2015). Menurut () batch processing adalah proses pengolahan terhadap data yang dkumpulkan atau ditumpuk terlebih dahulu selama beberapa periode yang dikelola sekaligus. Program berjalan berdasarkan setting yang ditentukan sebelum program dieksekusi. Begitu program dieksekusi, user tidak bisa melakukan intervensi. Program akan berjalan sampai selesai dengan suatu output. Batch processing biasanya dilakukan untuk memproses data yang tidak berstuktur. Ciri-ciri dari batch processing yaitu adanya periode waktu antara satu pengolahan dengan pengolahan berikut. Lama proses bergantung pada volume transaksi, jumlah batch yang diinginkan dan kapasitas pengolahan. Kapasitas pengolahan ini mencakup
1)      Card recorder yang memiliki kecepatan baca kartu, misalnya 72 karakter per menitnya
2)      Card punch atau alat pelubang kartu yang memiliki kemampuan 100 karakter per menitnya
Ada enam tahap yang harus dilalui pada batch processing, berikut enam tahap yang dimaksud
1)    Conversion atau konversi
2)    Edit atau koreksi
3)    Sorting atau pengurutan
4)    File maintenance atau pemelihara file
5)    File extraction atau pengutip/ Cuplikan
6)    Report generator atau membuat laporan
b.      Pemrosesan online
            Pemrosesan online adalah sebuah sistem yang mengaktifkan semua periferal sebagai pemasok data, dalam kendali komputer induk. Informasi-informasi yang muncul merupakan refleksi dari kondisi data yang paling mutahir. Karena setiap perkembangan data baru akan terus diupdate ke komputer induk. Pengolahan langsung dikembangkan untuk mengatasi masalah arsip yang ketinggalan jaman. Terobosan teknologi yang memugkinkan pengolahan langsug adalah penyimpanan piring magnetik.
c.       Pemrosesan real time
            Real time operation atau pelaksanaan waktu nyata adalah istilah yang digunakan komputer yang menunjukan bahwa pemrosesan data cukup cepat untuk digunakan guna mengawasi pelaksanaan. Sisem real time adalah suatu sistem yang menegndalikan sistem fisik. Sistem ini mengharuskan komputer merespon dengan cepat pada status sistem fisik.


3.      Penyimpanan
a.    Penyimpanan direct access storage device (DASD)
     Penyimpanan akses langsung (direct access storage) adalah suatu cara mengorganisasikan data yang memungkinkan catatan-catatan ditulis dan dibaca tanpa pencarian secara berurutan. Unit perangkat keras yang memungkinkan hal ini disebut media penyimpanan akses langsung (direct access storage device/ DASD) DASD memiliki mekanisme membaca dan menulis yang dapat diarahkan ke lokasi manapun dalam media penyimpanan. Walau beberapa teknologi DASD telah dibuat, yang paling populer adalah piringan magnetik. DASD atau media penyimpan akses langsung adalah media arsip utama (file master) yang baik. Arsip utama adalah gambaran konseptual dari salah satu sumber daya perusahaan atau unsur lingkungan.
b.    Penyimpanan sequential access storage device (SASD)
             Penyimpanan SASD memiliki proses yang lambat karena untuk mencari data tetentu harus selalu dimulai dari awal. Sistem ini sudah jarang dipakai dan umumnya hanya untuk backup data contohnya magnetic tape.
















Daftar pustaka
Kadir, A. 2007 . Konsep dan tuntunan praktis basis data. Yogyakarta : Andi yogyakarta
Gaol, C, J, L. 2008. Sistem informasi manajemen pemahaman dan aplikasi. Jakarta : Grasindo
Hall. J. A. 2007. Sistem informasi akuntansi. Jakarta : Salemba empat
Komarudin. 1979. Ensiklopedia menejemen.
Sulianta, F. 2010. IT Ergonomics. Jakarta : PT elex media komputindo
Ukar, K. 2006. Student guide series pengenalan komputer. Jakarta : PT elex media komputindo
Wijaya, W, M. Teknologi big data sistem canggih dibalik google, facebook, yahoo, ibm, teori hingga tutorial. Vijam wijaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar