Nama : Rona Dinar Kuntari
NPM : 16512682
Kelas : 3PA03
Tugas
Psikologi Manajemen Manfaat Perencanaan dan Jenis Perencanaan Dalam Organisasi
a. Manfaat Perencanaan
Perencanaan mempunyai
banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:
a)
Membantu manajemen untuk menyesuaikan
diri dengan perubahan-perubahan lingkungan,
b)
Membantu dalam kristalisasi persesuaian
dalam masalah-masalah utama,
c)
Memungkinkan manajer memahami
keseluruhan gambaran operasi lebih jelas,
d)
Pemilihan berbagai alternatif terbaik,
e)
Standar pelaksanaan dan pengawasan,
f)
Penyusunan skala prioritas, baik sasaran
maupun kegiatan,
g)
Menghemat pemanfaatan sumber daya
organisasi,
h)
Alat memudahkan dalam berkoordinasi
dengan pihak terkait,
i)
Membuat tujuan lebih khusus, terperinci
dan lebih mudah dipahami,
j)
Meminimumkan pekerjaan yang tidak pasti,
dan
k)
Menghemat waktu, usaha dan dana.
1. Tujuan
pertama adalah untuk memberikan pengarahan baik untuk manajer maupun karyawan
nonmanajerial. Dengan rencana, karyawan dapat mengetahui apa yang harus mereka
capai, dengan siapa mereka harus bekerja sama, dan apa yang harus dilakukan
untuk mencapai tujuan organisasi. Tanpa rencana, departemen dan individual
mungkin akan bekerja sendiri-sendiri secara serampangan, sehingga kerja
organisasi kurang efesien.
2. Tujuan
kedua adalah untuk mengurangi ketidakpastian. Ketika seorang manajer membuat
rencana, ia dipaksa untuk melihat jauh ke depan, meramalkan perubahan,
memperkirakan efek dari perubahan tersebut, dan menyusun rencana untuk
menghadapinya.
3. Tujuan
ketiga adalah untuk meminimalisir pemborosan. Dengan kerja yang terarah dan terencana,
karyawan dapat bekerja lebih efesien dan mengurangi pemborosan. Selain itu,
dengan rencana, seorang manajer juga dapat mengidentifikasi dan menghapus
hal-hal yang dapat menimbulkan inefesiensi dalam perusahaan.
4. Tujuan
yang terakhir adalah untuk menetapkan tujuan dan standar yang digunakan dalam fungsi selanjutnya, yaitu
proses pengontrolan dan pengevalusasian. Proses pengevaluasian atau evaluating
adalah proses membandingkan rencana dengan kenyataan yang ada. Tanpa adanya
rencana, manajer tidak akan dapat menilai kinerja perusahaan.
b. Jenis Perencanaan Dalam Organisasi
Jenis-jenis perencanaan dalam
pengantar manajemen dibagi menjadi 2 yaitu :
A.
Perencanaan organisasi
1.
Perencanaan strategis
Rencana
strategis yaitu rencana yang dikembangkan untuk mencapai tujuan strategis.
Tepatnya, rencana strategis adalah rencana umum yang mendasari keputusan
alokasi sumber daya, prioritas, dan langkah-langkah tindakan yang diperlukan
untuk mencapai tujuan strategis.
2.
Perencanaan taktis
Adalah rencana ditujukan untuk
mencapai tujuan taktis, dikembangkan untuk mengimplementasikan bagian tertentu
dari rencana strategis. Rencana strategis pada umumnya melibatkan manajemen
tingkat atas dan menegah dan jika dibandingkan dengan rencana strategis,
memiliki jangka waktu yang lebih singkat dan suatu fokus yang lebih spesifik
dan nyata
- Perencanaan operasional
Adalah rencana yang menitikberatkan
pada perencanaan rencana taktis untuk mencapai tujuan operasional. Dikembangkan
oleh manajer ingkat menegah dan tingkat bawah, rencana operasional memiliki
fokus jangka pendek dn lingkup yang relatif lebih sempit. Masing-masing rencana
operasional berkenaan dengan suatu rangkaian kecil aktivitas. Kami menjelaskan
perencanaan dengan lebih mendekati pada bagian selanjutnya.
B. Perencanaan
operasional
1.
Rencana sekali pakai : dikembangkan untuk melaksanakan
serangkaian tindakan yang mungkin tidak berulang di masa mendatang.
2.
Program : rencana sekali pakai untuk seragkaian
aktivitas yang besar.
3.
Proyek : rencana sekali pakai untuk lingkup yang lebih
sempit dan lebih tidak kompleks dibandingkan dengan program
4.
Perencanaan tetap : dikembangkan untuk aktivitas yang
berulang secara teratur selama suatu periode waktu tertentu.
5.
Kebijakan : rencana tetap yang merinci respons umum
organisasi terhadap suatu masalah atau situasi tertentu.
6.
Prosedur operasi standar : rencana tetap yang
menguraikan langkah-langkah yang harus diikuti dalam situasi tertentu
7.
Aturan dan peraturan : rencana tetap yang
mendeskripsikan dengan tepat bagaimana aktivitas tertentu dilaksanakan
C.
Perencanaan kontinjensi
Jenis perencanaan lain yang juga penting adalah
perencanaan kontinjensi (contingency planning) yaitu penentuan serangkaian
tindakan alternatif jika suatu rencana tindakan secara tidak terduga tergganggu
atau dianggap tidak sesuai lagi.
Daftar
pustaka
http://labibahrukmana.blogspot.com/2013/10/manfaat-perencanaan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaan
http://xiaolichen14.wordpress.com/2013/11/24/perencanaan-manfaat-dan-jenis-jenis-perencanaan-dalam-organisasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar