Minggu, 03 November 2013



a.      Pengertian dan sejarah internet
http://whitewishes.files.wordpress.com/2010/11/share_internet_cable.jpg?w=300&h=253
Internet berasal dari kata Interconnection Networking dan mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya sehingga di dalamnya menghubungkan situs-situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan.
Internet mengacu pada istilah jaringan bukan aplikasi. Internet tidak memiliki manfaat apabila tidak ada aplikasi yang sesuai dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Setiap aplikasi berjalan di atas protocol tertentu. Istilah “protokol” di internet mengacu pada satu set aturan yang megatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan.
Sejarah dan Perkembangan Internet.
Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 3 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

b.      Koneksi internet
Pada dasarnya ada tiga sarana yang tersedia bagi rata-rata pengguna PC untuk koneksi ke Internet :
a.       Layanan online terkenal seperti America Online, Compuserve, Delphi atau Prodigy, yang semuanya menawarkan beragam tingkat konektivitas ke Internet diantara berbagai layanan yang lain.
b.      Lembaga badan hukum atau pendidikan yang memberi account pada jaringan lembaga tersebut yang terkoneksi ke Internet.
c.       Penyedia Layanan Internet (ISP) lokal dan nasional seperti Radnet, Idola, Indonet,
IBM-net, MegaNet, IndosatNet dan sebagainya.
Ketiga pilihan ini memiliki kelebihan dan kekurangan dan juga jenis utility Internet yang dapat dan perlu digunakan. Bervariasi tergantung cara melakukan koneksi ke Internet. Penggunaan ISP lokal lebih murah dibandingkan dengan layanan online internasional yang harus menggunakan pulsa internasional, seperti Compuserve, AOL. Dengan ISP lokal hanya perlu membayar pulsa lokal untuk koneksinya selain biaya langganan yang harus dibayar tentunya. Di antara ketiga pilihan diatas yang paling menguntungkan tentunya adalah melalui lembaga pendidikan.

c.Jenis-jenis hubungan internet
Untuk memiliki akses ke INTERNET atau mengirimkan data ke INTERNET ditempuh dengan berbagai model koneksi. Setiap jenis koneksi memiliki keuntungan yang berbeda
Pada dasarnya terdapat tiga jenis layanan yang dapat anda peroleh dari penyedia layanan
Internet : a. Account Shell Unix
               b. Account UUCP
               c. Account front end grafis terpadu
               d. Account SLIP dan PPP koneksi langsung

Account Shell Unix
Account shell adalah account dial-up pada server akses-publik yang menjalankan sistem opersai Unix. Kebanyakan server di Internet menjalankan Unix karena protokol yang
digunakan di Internet adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), yang
kebetulan digunakan oleh server Unix untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.
Mengakses shell account tidaklah sulit, yang diperlukan hanyalah program emulasi terminal
dasar seperti Windows Terminal. Bagi server Unix, komputer terlihat sebagai dumb terminal yakni terminal yang hanya mampu mengirim dan menerima karakter teks saja. Dengan sendirinya yang didapatkan adalah antarmuka berbasis karakter. Untuk itu, perlu dipelajari beberapa perintah dasar Unix. Karena semua server Unix memiliki semua piranti dasar Internet yang sudah diinstal, sehingga praktis tidak memerlukan apa-apa lagi selain perangkat lunak komunikasi modem dasar. Agar menambah kemampuan akses dari Account Shell Unix dapat ditambahkan beberapa program bantu. Program tersebut misal TIA (The Internet Adapter) atau SLIPKnot.
Account UUCP (Unix to Unix Copy Protocol)
Account jenis ini menyediakan pola koneksi yang relatif paling murah. Service yang dapat disediakan oleh pola koneksi ini meliputi e-mail dan newsgroup. Pengguna akan menelfon ISP dan ketika terjadi kontak akan dilakukan transfer data dari pengguna ke ISP yang akan diteruskan ke Internet, dan dari ISP ke pengguna. Data dari pengguna tersebut bisa merupakan e-mail yang dikirim, ataupun news yang diposting. Sedangkan data dari ISP ke pengguna bisa berupa e-mail ataupun newsfeeding, isi dari newsgroup yang disubscribe. Cara ini sangat praktis, karena pembacaan ataupun penulisan e-mail dilakukan secar off-line, yaitu tidak membutuhkan koneksi telfon. Juga proses transfer data dilakukan dengan dikompres terlebih dahulu. Kelebihan lain dari account UUCP ini adalah seorang user dapat menjadi node untuk user lainnya di mesin tersebut

Account front end grafis terpadu
Apabila user menginginkan antarmuka grafis ke Internet yang nyaman dan mudah digunakan, anda dapat membuka account pada penyedia layanan Internet yang menawarkan program antarmuka perangkat lunak terpadu seperti FTP, Telnet, e-mail, newsreader Usenet, browser Web dan biasanya client Gopher. Misal dengan menggunakan program seperti Worldgroup Client, misal pada BBS Depart Account SLIP dan PPP. Apabila diinginkan antarmuka grafis dan kemampuan menjalankan program Internet apapun yang berbasis Windows dari PC di rumah anda seperti browser Web Netscape, perlu mendapatkan
account SLIP (Serial Line Interface Protocol) atau PPP (Point-to-Point Protocol). Baik
SLIP maupun PPP pada dasarnya mengerjakan hal yang sama yaitu mensimulasi koneksi jaringan dengan menggunakan modem. Dalam koneksi jaringan normal, PC dikoneksi ke jaringan dengan menggunakan Network Interface Card (NIC). NIC ditancapkan (plug) ke PC, dan dari card tersebut terkoneksi ke kabel yang terkoneksi ke jaringan. Tetapi dengan SLIP dan PPP, tidak diperlukan kartu jaringan (network card). Yang diperlukan adalah perangkat lunak yang sesuai dan modem anda menggantikan fungsi kartu jaringan tersebut. SLIP hanya memberikan konektivitas dasar, namun PPP menambahkan fasilitas pemeriksaan kesalahan dan keotentikan, sehingga tercipta protokol yang lebih andal.
Serial Line Internet Protocol (SLIP) dan PPP (Point to Point Protocol) bekerja diatas
serial line, dan membutuhkan infomrasi tambahan. Karena koneksi SLIP dan PPP hanya
antara dua mesin, source dan destination IP address dibutuhkan. Juga serial port identifies
termasuk interrupt vector yang digunakan. Serial line harus dikonfigurasi dengan benar
sebelumnya. Koneksi SLIP membutuhkan pengaturan netmask, sedang PPP tidak. PPP lebih
bail dari pada SLIP. SLIP hanya medukung komunikasi asinkon saja, sedang PPP mendukung asinkron dan sinkron. SLIP dapat membutuhkan jalur khusus yang berhubungkan, sdan PPP dapat menggunakan bergantian dengan program lainnya seperti UUCP. SLIP kurang memiliki deteksi error, dan PPP memilikinya. PPP adalah protokol yang lebih baik dibanding SLIP, tetapi SLIP lebih nayak tersedia pada impelemntasi operating sistem.
 Hubungan komunikasi dapat menggunakan beberapa (Morris, 1994) :
a.       Dial Up Line
Dengan saluran telfon biasa, sulit untuk mencapai kecepatan tinggi. Modem V.32 bis
termasuk V.42/V42.bis/MNP error correction menaikkan kecepatan hinggaa 57.6KBps. Pengiriman berlansung secara asinkronus.
b.      Switched 56
Menggunakan jalur digital, dan saluran dial-up. Kecepatan hingga 56 KBps. Cocok
untuk saluran dengan trafik yang rendah. Membutuhlkkan DSU (Data Service Unit) dan
CSU (Channel Service Unit).
A.     ISDN
Basic ISDN
Primary ISDN
B.     Leased Line, ada dua jenis yaitu
Analog
Digital
Dataphone Data Service
Subrate Data Multiplexing
Fractional T1
T1
T2
T3
Sonnet
C.     Packet Switching
X.25
Frame Relay
Switched Multimegabit Datas Service
Broadband ISDN
Asyncronous Transfer Mode (ATM)

                  d. Perangkat yang dibutuhkan
Untuk mengakses Internet, ada beberapa perangkat yang diperlukan:
a.       Komputer, sebaiknya yang dapat menjalankan Microsoft Windows.
b.      Modem, sebaiknya yang dapat dijalankan dengan kecepatan sedikitnya 14,4 kbps (kilobit per detik) atau lebih cepat dari itu. Bergantung dengan jenis jalur komunikasi yang digunakan.
c.       Perangkat lunak koneksi.
d.      Penyedia akses Internet.
e.       Jalur komunikasi
f.       Perangkat jaringan tambahan (untuk Corporate Connection)
Selain itu juga harus dimiliki memori (RAM) yang memadai dan hard disk dengan kapasitas yang cukup. Perangkat lunak koneksi yang dibutuhkan sangat bergantung pada jenis koneksi yang dimiliki ke Internet. Beberapa metode akses memerlukan program perangkat lunak khusus, sementara yang lainnya hanya memerlukan jenis perangkat lunak koneksi tertentu
Untuk pengguna pribadi (digambarkan satu komputer) membutuhkan komponen sebagai
berikut :
Shell Account
a.       Dial up modem, misal US Robotics, Hayes , dan lain sebagainya.
b.      Software terminal emulasi, misal CrossTalk, Terminal, Telix dan sebagainya.
c.       Login account
d.      Komputer
UUCP
a.       Dial up modem
b.      UUCP software, misal Waffle, UUPC.
c.       UUCP account
d.      Komputer



SLIP dan PPP
a.       Dial up modem
b.      SLIP/PPP Driver, misal PPP.COM, atau dengan Trumpet Winscok (TcpMan)
c.       Client software, misal NetScape, Eudora
d.      SLIP/PPP account
e.       Komputer yang memadai
Untuk pengguna Corporate yang telah memiliki LAN lokal dapat menggunakan beberapa alternatif. Untuk koneksi yang menggunakan jaringan telefon dapat dibedakan menjadi tiga :

a. Dengan menggunakan dial up (saluran telfon biasa)
b. Menggunakan leased line
c. Menggunakan dial up dengan ISDN (Pasopati)
d. Menggunakan wireless, misal radio link atau V-SAT
Masing-masing jenis komunikasi ini membutuhkan perangkat pendukung yang berbeda.
LAN Dial Connection
a.       Modem router
b.      LAN Dial accont
LAN Dedicated
a.       Modem router
b.      Leased line
Radio Link
a.       Radio Router, misal KarlRouter, C-Link, dan lain sebagainya. Radio Router ini
menggabungkan fungsi, router, modem, dan transceiver. Memberikan kecepatan     transfer hingga 2 MBps. Jarak yang dapat dihubungkan sekitar 2-3 mile, sedangkan bila ditambahkan power amplifier dapat mencapai 15-20 mil.
b.      Perangkat jaringan dan komputer
c.       Antena sesuai dengan radio router tersebut.
        Satelite .
a.       Saluran V-SAT (Very Small Apperture Terminal). Kecepatan yang ditawarkan biasanya sekitar 64 Kbps hingga 2 MBps. Di Indonesia ada 3 perusahaan yang menyediakan jasa satelite link ini antara lain : PT Aplikanusa Lintasarta, dan PT CSM.
b.      Modem Satelite, biasanya menggunakan standard interface, V-35. .
c.       Router, diantaranya bermerk CISCO .
d.      Peralatan Local Area Network .
e.       UPS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar